PROGRAM STUDI UNIVERSITAS MITRA INDONESIA

STATUS AKREDITASI

B

NOMOR SK

No. 76/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2019

PROFILE

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat merupakan salah Program Studi dilingkup Fakultas Kesehatan Universitas Mitra Indonesia, yang sebelumnya berada dibawah STIKES Mitra Lampung yang berdiri sejak tahun 2009 berdasarkan SK Kemendikbud RI nomor 158/D/T/2009 yang kemudian pada bulan Juni Tahun 2018 STIKES Mitra Lampung bergabung dengan STIE Mitra Lampung, STMIK Mitra Lampung, AMIK Mitra Lampung, A2M Mitra Lampung berubah bentuk menjadi Universitas Mitra Indonesia yang berada dibawah naungan Yayasan Mitra Lampung berdasarkan SK Kemenristek Dikti RI nomor 518/KPT/I/2018. Selanjutnya Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat berada dibawah pengelolaan Fakultas Kesehatan Universitas Mitra Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan sumber daya unggul dalam penerapan IPTEK di bidang kesehatan yang berjiwa teknopreneur serta didasari oleh kemitraan dan turut berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia.

KOMPETENSI

Sikap (S)

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
  4. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain;
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas;
  7. Mampu melaksanakan tugas sederhana, terbatas, bersifat rutin.

Penguasaan Pengetahuan (P)

  1. Memiliki penguasaan dasar/prinsip Ilmu kesehatan masyarakat pada tingkat analisis dan evaluasi yang menjadi instrumen dalam meningkatkan kesehatan masyarakat setinggi-tingginya, mencakup ilmu yang berkaitan dengan epidemiologi, biostatistik, dan kependudukan, administrasi/manajemen, dan kebijakan kesehatan, serta ilmu sosial dan perilaku dengan mempertimbangkan fungsi kesmas yang esensial.
  2. Memiliki penguasaan dasar/prinsip Ilmu kesehatan masyarakat pada tingkat analisis dan evaluasi yang menjadi substansi dalam meningkatkan kesehatan masyarakat setinggi-tingginya, mencakup ilmu yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan termasuk keselamatan dan kesehatan kerja, ilmu gizi, dan kesehatan reproduksi dengan mempertimbangkan fungsi kesmas yang esensial.

Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain, atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. Memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  3. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  4. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  5. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  6. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.

Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan Ilmu Kesehatan Masyarakat dan memanfaatkan kajian epidemiologi, biostatistik, manajemen, dan perilaku sebagai metode dan alat untuk mengkaji faktor lingkungan termasuk lingkungan kerja, dan faktor sosial budaya terhadap kesehatan melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan masalah kesehatan menggunakan Ilmu Kesehatan Masyarakat melalui pendekatan inter dan multi disiplin untuk dapat merencanakan, melaksanakan, dan evaluasi program pelayanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier.
  3. Mampu mengelola riset secara inter disiplin dan multi disiplin yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan untuk mendapat pengakuan nasional dan internasional.
  4. Mampu mengkomunikasikan hasil kerja serta bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri untuk dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja dalam organisasi pelayanan kesehatan primer dan sekunder.
  5. Mampu menganalisis dan mengevaluasi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan dalam perencanaan kesehatan masyarakat dan terampil dalam manajemen di bidang kesehatan masyarakat pada tingkat program di pelayanan kesehatan primer dan sekunder dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin.
  6. Mampu menganalisis dan mengevaluasi kepemimpinan dan berpikir sistem di bidang kesehatan masyarakat pada tingkat program di pelayanan kesehatan primer dan sekunder dengan pendekatan interdisiplin dan multidisiplin.
  7. Mampu mengidentifikasi budaya setempat pada program promotif dan preventif di bidang kesehatan masyarakat.
  8. Mampu menganalisis dan mengevaluasi program pemberdayaan masyarakat pada kegiatan promotif dan preventif di bidang kesehatan masyarakat.
  9. Mampu memberikan alternatif solusi permasalahan kesehatan masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), kewirausahaan, dan kemitraan.
  10. Mampu mengelola program kesehatan menggunakan ilmu kesehatan masyarakat yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), kewirausahaan, dan kemitraan.
  11. Mampu mengelola program kesehatan masyarakat dengan pendekatan promotif dan preventif yang mengutamakan teknologi tepat guna.
  12. Mampu mengelola program kesehatan masyarakat secara pentahelix dengan mendayagunakan jejaring kemitraan.

PEMINATAN

  1. Promosi Kesehatan
  2. Epidemiologi
  3. Kesehatan Reproduksi
  4. Manajemen Yankes
  5. Keselamatan & Kesehatan Kerja
  6. Ekonomi Kesehatan
  7. Asuransi Kesehatan & Managed Care
  8. Manajemen Rumah Sakit

PROGRAM KELAS

Program Kelas Reguler (Senin - Jumat) (08.00-17.00)

Program Kelas Non-Reguler (Senin - Jumat) (16.00-22.00)

Visi

Menjadi Universitas Yang Berjiwa Kewirausahaan Berbasis Teknologi Dan Kemitraan Tahun 2039

Misi

  1. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran yang berkualitas.
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
  3. Menghasilkan lulusan yang berjiwa kewirausahaan berbasis teknologi dan mampu membangun kemitraan.
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi Umitra.
  5. Mengembangkan kemitraan guna membangun jejaring yang mendukung terwujudnya visi.

KEUNGGULAN

KURIKULUM (KRS)

STAFF DOSEN

NIDN/NIDK NAMA GELAR EMAIL PUBLIKASI
0222078601 Dewi Silvia S.E.,M.M. dewisilvia@umitra.ac.id
0221108902 Eka Travilta Oktaria S.E.,M.M. ekatravilta@umitra.ac.id
0206118901 Helmita S.E.,M.M. mitahelmita@umitra.ac.id
0209068304 Nety Kumalasari S.E.,M.M.
0210128001 Pipit Novilasari Sanjaya S.E.,M.M.
0231057702 Shinta Merinda W Ananda S.E.,M.M. shintamerindaananda@umitra.ac.id