Bandar Lampung -- Perdagangan elektronik (electronic commerce atau e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Gambaran, peluang dan tantangan e-commerce menjadi bagian dari acara Workshop yang diadakan Himpunan Mahasiswa Komputer (STMIK/AMIK) Mitra Lampung, 21/4/2016.
Workshop diisi dengan pemateri Triyugo Winarko, S.Kom., Mti., dan Susy Indriyani SE., Msi. Dua pembicara ini menyampaikan dari dua aspek yang berbeda, teknolologi dan sudut pandang ekonomi.
Workshop diikuti oleh ratusan mahasiswa STMIK/AMIK Mitra Lampung.
Pada workshop, Triyugo menyampaikan, industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.
E-commerce merupakan bagian dari e-business, dimana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekadar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-commerce juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran .