Tugas akhir,Mahasiswa UMITRA Ciptakan Game fun Edukasi Berbasis Android

Posted by : Admin  Senin, 03 September 2018  View:3417

Tugas akhir,Mahasiswa UMITRA Ciptakan Game fun Edukasi Berbasis Android

Bandar lampung, Mahasiswa  sistem Informasi  Universitas  Mitra  Indonesia  berhasil  menciptakan  game edukasi berbasis android. Stefanus William Tanusady,mencipyakan game yang di beri nama “ D Fight” bertujuan untuk meningkatkan daya ingat.

“ Dalam aplikasi ini, terdapat dau katagori yaitu newbie dan pro.Dalam katagori newbie terdapat 3 sub katagori yang di bagi dalam level  kesulitan  yang berbeda , sedangakan  pada pro.nantinya memuat 5 tingkatan  yang berbeda  yang saat ini masih dalam proses penyempurnaan sistem. Semuanya berfungsi untuk terapi membantu mengingat yang dikemas dengan permainan yang menyengkan “ ujar Stefanus.

Aplikasi yang  berbasis android ini dia tujukan untuk anak-anak  dan remaja, Stefanua telah melakukan  riset kepada 20 siswa SD sampai SMA/SMK sebelum dipresentasikan sebagai tugas akhir  skripisi pada sabtu ( 1/9)

“ Dari 20 responden di lakukan secara acak, biasan mereka melakukan kesalahan sebanyak 30-45 obyek” kata penyuka cumi tepung ini. Stefanus mengungkapkan dalam proses pembuatan  aplikasi ini dirinya di bantu oleh dosen pembimbing tugas akhir , Yodhi Yuniarte,M.kom.

“ untuk pengerjaan membutuhkan waktu kurang lebih astu setengah bulantermasuk juga melakukuakn beberpa riset. Setelahitu konsutasi  ke pembimbing untuk menentukan  visual yang  di tampilkan dalam apliklasi termasuk pemilihan warna  dan desain yang menarik agar anak- anak tidak bosan, saya  memeilih warna-warna cerah” ungkapnya.

 Dia berharap tujuan dalam menciptakan apalikasi ini agar anak-anak  mudah mengingat obyek tetapi dengan cara yang menyenangkan . Apalagi sebagian besar anak pada usia itu rata-rata penggila game. Sementara  itu , kesulitan dalam pembuatan  aplikasi ini adalah keterbatasan waktu dan rendahnya umpan balik dari responden untuk melengkapi  informasi serta data.  “Aplikasi  yang saya ciptakan ini akan terus saya kembangkan ,sehingga berguna untukmasayarakat”Tandasnya.

Waket III bidang Kemasiswaan dan kerjasama , Arie Setya Putra ,M.TI meyambut baik karya baik karya stefanus ini. “Game ciptaan stefanus ini. menjadikan pemicu mahasiswa, menjadikan pemicu mahasiswa lain untuk berkarya dan berbuat lebih baik.  Kuliah bukan  tujuan menjadikan karyawan kantoran . Tetapi menjadi Technopreneur sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru  dan  prodi sistem informasi juga diperkuat dengan di bukanya prodi prodi kewirausahaan yang menunjang hal tertsebut”Kata Arie ( Agus /rls )