Umitra tuan ruan lomba penulisan karya sastra peksimida


UMITRA TUAN RUMAH LOMBA PENULISAN KARYA SASTRA:  CERPEN, LAKON, DAN PUISI

Umitra akan menjadi tuan rumah Lomba Penulisan Karya Sastra: Cerpen, Lakon, dan Puisi,  dalam rangka  Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (Peksimida) Lampung,  Sabtu, (20/08/2016), pukul 13.00 WIB s/d Selesai.

Peserta merupakan mahasiswa aktif program diploma dan sarjana PTN atau PTS yang ada di seluruh Lampung dan dibuktikan dengan kartu mahasiswa.  Batas usia maksimal 25 tahun per tanggal 31 Agustus 2016.  Technical Meeting akan dilangsungkan sehari sebelum lomba, Jumat (19 /08/2016), di kampus Umitra, pukul 14.00 Wib.

Persyaratan dan ketentuan lomba  yang lain, dapat menghubungi Umitra Information Share (UMISH), di kampus Umitra, Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No 7  Gedung Meneng, Bandar Lampung, Telp 0721 701418 ext 105, atau contact person  Heri Kurniawansyah, SE.,  (081272598598), Yulian Andika Pratama (082282623010).

Ir. Affan Zaldi Erya, Waket III Umitra menjelaskan, Peksimida Lampung itu merupakan kompetisi bagi mahasiswa Lampung untuk menunjukkan kemampuannya serta  meraih prestasi di bidang seni. Dan  disamping Umitra, ada pelaksanaan untuk beberapa lomba seni yang berbeda di beberapa kampus yang  telah disepakati .

"Melalui Peksimida akan terseleksi mahasiswa terbaik guna mewakili Lampung dalam pekan seni mahasiswa nasional (Peksiminas) yang digelar Direktorat Jenderal Pendidikan TInggi pada  11-17 Oktober  mendatang di Universitas Halu Oleo, Kendari Sulawesi Tenggara," ujar Aldi. Ditambahkan, Peksimida yang digelar setiap 2 tahun sekali ini diharapkan menjadi wadah penyaluran minat bakat dan kemampuan mahasiswa dalam berkreativitas melalui seni.

Untuk persyaratan khusus penulisan karya sastra.  Naskah cerpen harus memenuhi ketentuan sebagai berikut: tema akan ditentukan pasa saat lomba berlangsung dengan teknik pengungkapan bebas, panjang naskah antara 6-10 halaman, penilaian cerpen meliputi autentisitas dan kesegaran ungkapan, keutuhan dan keselarasan.

Naskah puisi harus memenuhi kriteria sebagai berikut: tema akan ditentukan pada saat lomba berlangsung, bentuk puisi bebas baik efik maupun lirikm teknik pengungkapan puisi bebas, panjang antara 1-5 halaman.  Penilaian puisi: keaslian dan kesegaran ungkapan, keutuhan dan keselarasan, diksi, rancang bangun dan gaya bahasa,

Sedangkan untuk naskah lakon memenuhi ketentuan sebagai berikut: tema akan ditentukan pada saat lomba berlangsung, naskah lakon adalah naskah untuk pentas 1 (satu) atau 2 (dua) babak, minimal terdiri atas 5 (lima) adegan dengan minimal 20 ( dua puluh) halaman, maksimal durasi pementasan 45 menit, lakon bebas dalam bentuk tragedi, komedi atau realisme.  Penilaian lakon meliputi orisinalitas dan menarik untuk dipanggungkan, menggunakan bahasa Indonesia yang ekspresif dan kaya akan makna baru.

Secara umum naskah naskah yang dilombakan tidak boleh mengandung unsur SARA, dan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.  Naskah diketik dengan menggunakan laptop yang dibawa sendiri oleh peserta, naskah diketik dengan menggunakan huruf calibri 12pt dan spasi satu setengah.