STIKes Umitra: Komitmen Melahirkan Tenaga-Tenaga Kesehatan Yang Berkompetensi


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes)  Umitra berdiri  berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional No 41/D/O/2001,  tanggal 5 Juni 2001. Berdasarkan Statuta STIKes Mitra Lampung Tahun 2008, maka tanggal 5 Juni 2001 ditetapkan sebagai hari jadi STIKes Umitra. 

Tahun 2017 ini, STIKes Umitra sudah memasuki tahun ke-16 (lebih dari satu dasawarsa) dalam berkiprah membangun profesionalisme kesehatan di Indonesia.

Kemudian, dengan melihat perkembangan dan kebutuhan masyarakat, Yayasan Mitra Lampung membuat, STIKes Mitra Lampung ,  yang memperoleh izin dari Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang tertuang untuk Program Studi Keperawatan (Status Terakreditasi B BAN-PT: No 16/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008), Program Profesi Ners Keperawatan (SK Dirjen DIKTI No. 267/D/0/2008), Kesehatan Masyarakat (SK Mendiknas RI No 2891/D/T/2004) (Status Terakreditasi B BAN-PT: No 19/SK/BAN-PT/Akred-S1/2014), Program Pascasarjana Kesehatan Masyarakat (SK Dirjen  DIKTI No. 156/D/T/2009).

 Perkembangan pendidikan dari rumpun ilmu kesehatan di lingkungan STIKes  Umitra merupakan bukti nyata bahwa institusi tersebut senantiasa berupaya untuk berkembang secara dinamis dan senantiasa memenuhi tuntutan masyarakat. Perkembangan tersebut membutuhkan media untuk mengeksplorasi potensi civitas akademika STIKesUmitra. Bertepatan dengan 16 tahun merupakan waktu yang tepat untuk diselenggarakan upaya tersebut. Berdasarkan kebutuhan pengembangan institusi dan potensi civitas diluar potensi akademik maka  banyak harapan pada Dies Natalis kali ini.

Keberadaan tenaga kesehatan, menjadi sangat penting dan dibutuhkan dalam menunjang pembangunan kesehatan. Dan tentu saja, tenaga kesehatan yang dibutuhkan saat ini adalah tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan ataupun kompetensi yang ditempa melalui proses pendidikan dan pelatihan di institusi pendidikan tinggi yang telah memiliki fasilitas penunjang yang representatif.
“STIKes  Umitra adalah institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan yang punya komitmen besar dalam melahirkan tenaga-tenaga kesehatan yang punya kompetensi. Sehingganya, proses pendidikan harus benar-benar ditunjang dengan tenaga pengajar yang punya spesifikasi ilmu sesuai dengan bidang kesehatan Program Studi (Prodi) yang ada,” kata  Dr. H. Andi Surya, owner Umitra.

Konsistensi STIKes Umitra  dalam membekali mahasiswa dengan kompetensi yang spesifik pada bidang kesehatan  masyarakat, dan keperawatan, juga ditunjang dengan laboratorium yang representatif. “Kita optimis dengan kemampuan, keterampilan dan kompetensi mahasiswa kita. Kelak ketika mereka lulus nanti, akan bisa memberi kontribusi positif bagi pelayanan kesehatan. Karena mereka tidak hanya dibekali dengan pengetahuan, melainkan juga keterampilan serta pengalaman yang didapat dari kegiatan-kegiatan yang sifatnya aplikatif,” pungkas senator DPD RI yang juga owner Global Surya ini.