STIKes Umitra Hasilkan Sarjana Berkompetensi


Dr. H. Andi Surya :  Lampung Membutuhkan Tenaga KesehatanYang Teruji dan Berkompetensi

Ketua Yayasan Mitra Lampung, Dr. H. Andi Surya, mengatakan, sektor kesehatan masih banyak membutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan, serta teruji kompetensinya.

Oleh sebab itu, jelasnya, proses pendidikan harus benar-benar ditunjang oleh keberadaan tenaga pengajar yang punya spesifikasi ilmu sesuai dengan bidang kesehatan program studi (Prodi) yang ada.

"Hal ini sudah kami lakukan di STIKes Umitra. Sebagai institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan, kami terus melahirkan tenaga-tenaga kesehatan yang punya kompetensi. Konsistensi STIKes Umitra dalam membekali mahasiswa dengan kompetensi yang spesifik pada bidang kesehatan masyarakat, dan keperawatan, juga ditunjang dengan laboratorium yang representatif dan keunggulan-keunggulan lainya," terang Andi.

STIkes Umitra dikenal memiliki laboratorium yang lengkap, diantaranya laboratorium keperawatan (lab. anatomi fisiologi, anak dan multimedia), laboratorium keperawatan jiwa, komunitas dan keluarga, laboratorium keperawatan maternitas, lab KMB & KGD, lab DKKD (dasar keperawatan dan keperawatan dasar).

Andi berharap, lulusan tenaga kesehatan bisa memberi sumbangan positif bagi pelayanan kesehatan. Untuk itu, tambahnya, perlu peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman yang di dapat dari kegiatan-kegiatan yang sifatnya aplikatif.

 Mayoritas tenaga kesehatan di Lampung adalah alumni STIKes Umitra.  Pionir S1 Kesehatan di Lampung sejak 2001. Menyelenggara Pendidikan Profesi Ners sejak 2005, penyelenggara program pendidikan pascasarjana sejak 2009.

Menerapkan kurikulum Perguruan Tinggi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).  Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), dan Manual Mutu Standard Operating Procedures (SOP). Anggota AIPNI (Asosiasi Intitusi Pendidikan Ners).  Serta terjalin MoU dengan beberapa dinas, rumah sakit baik dalam maupun luar Lampung.

Staff pengajar  berpengalaman S2, S3  dan Guru Besar.Atmosfher Kemahasiswaan yang aktif (BEM, Himakes, UKM Seni Olahraga dan Budaya, UKM Mapala, UKM Menwa, UKM Pramuka, Lembaga Dakwah Kampus Addura, UKM Pers Mahasiswa Permata , Komunitas Presenter dll.)  Tersedia beasiswa bagi yang berprestasi, Beasiswa Andi Surya, PPA, BBM dll.

 Anggota AIPTKMI (Assosiasi Intitusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia). Prodi kesehatan masyarakat lulus  uji kompetensi terbanyak di Lampung dan peserta ujikom terbanyak,

Senator DPD RI ini mejuga mengapresiasi akan Prodi Keperawatan, memperoleh peringkat pertama dalam kelulusan uji kompetensi di regional 4 dengan kriteria peserta lebih dari 80. Terhubung dengan bursa tenaga kesehatan di Timur Tengah.