Ribuan Bea Siswa Untuk Masyarakat Lampung, Bagi Mahasiswa Baru Umitra


 Umitra, sebagai kampus swasta favorit di Lampung,  kembali memberikan beasiswa kepada  calon mahasiswa yang akan meneruskan ke jenjang pendidikan lebih tinggi, khususnya bidang disiplin ilmu-ilmu komputer dan ilmu-ilmu ekonomi.

“Beasiswa Dr. H.  Andi Surya ini diberikan kepada lulusan sekolah menengah atas yang berprestasi dan atau kurang mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi,” kata Ir. Affan Zaldi Erya,selaku salah satu panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Umitra TA. 2017/2018

 Hal tersebut di sampaikan oleh Aldi, di sela-sela aktivitas sosialisasi program bea siswa Umitra di sejumlah kecamatan dan kabupaten/kota se-Lampung.”Kami menginformasikan mengenai adanya program bea siswa kuliah di Umitra melalui para camat, serta kepala desa atau lurah beserta segenap jajaran se-Lampung.  Harapan kami para camat dan  kepala desa atau lurah bisa merekomendasikan warganya  yang memiliki prestasi akademik yang ingin kuliah namun memiliki keterbatasan dana,” ujar Aldi.

 “Seluruh kepala desa  di sejumlah kecamatan baik di kabupaten atau kota di seluruh Lampung yang sudah kami kunjungi dan kami informasikan mengenai program ini, mereka semua menyambut sangat antusias dan  siap mengikutkan warganya dalam program bea siswa ini,” terang Aldi.

Istimewanya lagi, setiap kali penyerahan piagam bea siswa ke pejabat kecamatan atau desa, selalu diberikan secara langsung langsung oleh Ketua Yayasan Mitra Lampung, Dr. H. Andi Surya.

Menurut Aldi, program beasiswa ini telah berjalan selama 16 tahun atau telah diberikan lebih dari satu dekade  tesebut, dikhususkan untuk masyarakat Lampung sebagai kepedulian Yayasan Mitra Lampung atas pendidikan anak bangsa.

Masalah bagi masyarakat tidak mampu adalah keterbatasan dalam mengakses pendidikan. Padahal, pendidikan akan mengangkat harkat dan martabat sehingga bisa memutus rantai kemiskinan.

Berkenaan dengan komitmen Umitra itu, kata dia, Umitra terus menggulirkan beasiswa Andi Surya bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang memiliki potensi akademik untuk mengubah masa depan.

Pada tahun-tahun sebelumnya penerima beasiswa Umitra ada yang berasal dari keluarga besar FKPPI, keluarga besar pengelola juru parkir di Bandar Lampung, ada pula siswa-siswa berprestasi, pondok pesantren, panti asuhan, kekerabatan atau komunitas tertentu, dan yang berasal dari keluarga kurang mampu, tahun ini Umitra menggandeng seluruh kepala desa dan camat yang ada di Lampung.

Calon mahasiswa yang masih ingin mendapatkan kesempatan beasiswa di Umitra, untuk keterangan dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi langsung Umitra Information Share (Umish), Jalan ZA Pagar Alam No. 7 Gedungmeneng Bandar Lampung, telpon 082880041077,082880040977, 0721701418, atau contact person Aldi 081933575787, Dika 082282623010, Senja 082175917882.

Sejauh ini program beasiswa ini sudah meluluskan ribuan sumber daya yang andal. Setiap tahunnya ada  penerima program beasiswa yang diterima serta penerima yang diluluskan dari kampus ini. Aldi juga menyampaikan di kampus mereka juga terdapat beasiswa Bidik Misi, PPA, BBM, dan jenis beasiswa lainnya.

“Komitmen kami terhadap kepedulian anak bangsa yang ingin menggapai cita-citanya salah satunya dengan memberikan program bea siswa ini,” pungkas Dr. H. Andi Surya, Ketua Yayasan Mitra Lampung.

Umitra Sediakan Beasiswa untuk Kader Hanura

Sementara itu, memperingati HUT ke-10, Partai Hanura Lampung dan Umitra melakukan penandatanganan kerjasama dalam hal pemberian beasiswa untuk calon mahasiswa baru. Dengan program tersebut, Umitra menyediakan beasiswa kepada DPD Partai Hanura Lampung guna memberikan kesempatan kepada kader dan konstituen partai yang kurang mampu namun memiliki potensi akademik yang baik untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kerjasama Partai Hanura dengan Umitra dalam rangka HUT ke-10  Partai Hanura dan pelaksanaan  Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya adalah pengabdian pada masyarakat. 

Penandatanganan kerjasama “Beasiswa Hati Nurani” berlangsung pada 10/3/2017 lalu, di sekretariat DPD Hanura Lampung, Jalan Sultan Haji, Bandar Lampung. Kerjasama ditandatangani bersama oleh Ketua Yayasan Umitra Dr.H.  Andi Surya dan Ketua DPD Hanura Lampung dr. H. Sri Widodo, M.Kes.,  dengan diketahui Ketua DPP Bidang Organisasi Benny Rhamdani dan Ketua DPP Bidang Wilayah Lampung-Bengkulu Dr. Frans Agung Mulaputra.

Bentuk kepedulian terhadap anak bangsa untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dengan memberikan bea siswa ini telah lebih dari 15 tahun didedikasikan oleh Dr. H. Andi Surya,  kepada masyarakat Lampung pada umumnya yang ingin menggapai cita-citanya, dengan  mengenyam pendidikan tinggi.

DPD Partai Hanura Lampung berkewajiban menyalurkan dan menyeleksi kader atau konstituen untuk mendapatkan beasiswa sesuai persyaratan. Sebaliknya,  Umitra mulai tahun akademik 2017 hingga 2019 menyediakan maksimal 1.000 kursi Beasiswa Hati Nurani bagi mahasiswa baru untuk jenjang D3 dan S1 pada Program Studi  Ilmu Komputer dan/atau  Ilmu Ekonomi. Pengurus DPD, DPC, PAC, dan ranting Partai Hanura Lampung yang hendak memanfaatkan beasiswa ini dapat menghubungi pimpinan masing-masing jenjang kepengurusan.

Syarat-syarat teknis lebih lanjut terkait beasiswa ini nantinya dapat berkoordinasi dengan bagian Penerimaan Mahasiswa Baru  Umitra atau Umitra Information Share, Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No 7 Gedung Meneng Bandar Lampung, 082880041077,082880040977, 0721701418, contact person Mr. Aldi Adrian Erya 081933575787, Mr. Dika 0822282623010, Ms. Senja 082175917882 atau 0721701418, dan beasiswa ini berlaku  untuk tahun akademik 2017 s/d 2019.