Mahasiswa Berlomba Berbagi Takjil, Menu Berbuka dan Sahur Untuk Kaum Marginal


Share On :

Dalam rangka memaknai  datangnya bulan Ramadhan 1437 H, Mahasiswa Umitra yang tergabung dalam 10 (sepuluh) organisasi kemahasiswaan (ormawa) telah membagikan ratusan paket takjil gratis, nasi bungkus untuk berbuka dan sahur kepada masyarakat marginal di beberapa lokasi di Bandar Lampung.

Takjil dibagikan dalam kemasan yang berisi, sop buah, kurma, empek-empek, kue roti lemak dan karnafis, atau peganan ringan lainnya.

Dengan penuh semangat dan ramah mahasiswa  Umitra secara bergantian membagikan takjil-takjil yang dikemas dalam kantong plastik yang baru diselesaikan selepas azan Ashar, ke beberapa sentra yang banyak terdapat masyarakat kurang beruntung, tuna wisma, seperti pemulung, penjual asongan dan lain-lain.

Dalam acara pembagian takjil  atau makanan untuk berbuka tersebut, Adi Firnando, Ketua UKM Pramuka Umitra, mengatakan saat ramadhan dipilih karena saat ramadhan yang penuh berkah adalah saat yang paling tepat untuk mahasiswa yang merupakan bagian dari kelompok masyarakat yang mempunyai posisi strategis di dalam lingkungan sosial.

Mahasiswa memiliki fungsi penting dalam lingkungan sosial yang diharapkan mampu memberikan konstribusi positif yang real untuk lingkungan di sekitarnya.

Fungsi mahasiswa sebagai agent of change (unsur perubahan) diharapkan mampu memobilisasi kekuatan intelektual untuk mengubah lingkungan yang tidak islami dengan dinamika nilai-nilai islami, mengajak mahasiswa yang lain untuk kembali ke jalan Allah SWT.

Dan agar menjadi mahasiswa yang bermutu islami dan berjiwa sosial yang tinggi dan jangan ragu berbagi kepada sesama. Kegiatan ini dinamakan “AKSI SIMPATIK RAMADHAN 1437 H”. Kegiatan ini bertemakan “Dengan Berbagi kepada Sesama Laksana Cermin yang Memantul”, pengaruh kebaikannya memantul untuk pelakunya. Selain pahala yang niscaya diraih, Allah juga selalu menggantinya secara lebih baik, bahkan bertambah-tambah sampai tak terhingga.

Dan meskipun jumlah takjil, menu berbuka dan sahur yang diberikan secara gratis tersebut, mungkin secara jumlah tidak seberapa. Namun jumlah tersebut merupakan hasil secara swadaya dari partisipasi dan keikhlasan sivitas academika  Umitra .

Acara yang telah digagas oleh mahasiswa Umitra secara keseluruhan berjalan sukses, lancar dan aman, sehingga mendapat respon positif dari masyarakat.

Himakom  Umitra pun tak ingin  ketinggalan berbagi. Mereka menyempatkan diri berbagi menu sahur dengan kaum marginal. “Disamping Himakom menyantuni anak yatim, kami juga telah melakukan Sahur On the Road,” ujar Khairul Akbar S., salah satu pengurus Himakom.

Himakom sendiri menyempatkan beranjangsana ke Panti Asuhan Afifa di daerah Kedamaian, Bandar Lampung pada pekan lalu.

Sementara itu Mapala Umitra, mengundang puluhan anak panti binaan mereka, Panti Asuhan Al Husna, untuk berbagi dan berbuka bersama di kampus, Sabtu (25/06/2016).

Sedangkan Lembaga Dakwah Kampus Ad dura yang juga dimotori oleh penggiat mahasiswa Umitra, menghimpun dana selama sepekan (20-25/06/2016) dan  telah disumbangkan ke Rumah Yatim Indonesia cabang Lampung (25/06/2016)

“Tak peduli berapa banyak atau besar nominal yang disumbangkan oleh mahasiswa, tetapi setidaknya ini merupakan kepedulian terhadap sesama,” ujar Ir. Affan Zaldi Erya, Waket III Umitra. “Semoga amal ibadah kita semua dapat dilipatgandakan sampai sepuluh, seratus bahkan tak terhingga,” tutup dia.