Lilik Nuraida Mahasiswi Berprestasi Kesmas Umitra


Share On :

Lilik Nuraida: Ilmu Kesehatan Masyarakat, Perpaduan Ilmu dan Seni

Rasa senang bisa mengajak orang lain untuk menjalankan kebaikan untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Karena ilmu kesehatan masyarakat (kesmas) bagi Lilik Nurida, mahasiswi semester ketiga prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra,  adalah ilmu dan seni, perpaduan antara ilmu dan seni inilah yang membuatnya menarik.

Gadis berhijab kelahiran Totokaton, 31 Maret 1997 ini mengungkapkan kuliahdi  kesmas yang menarik adalah semua hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat itu sendiri, mulai dari tentang preventif, promotif sampai ke rehabilitatif. Pengalaman yang sangat berharga untuknya.

“Dalam ilmu kesmas, saya banyak mengambil pelajaran, tentang berbagai macam penyakit menular, tidak menular, bagaimana mencegahnya, melakukan penyuluhan kesehatan supaya orang tidak sakit, bahkan dari kesmas saya belajar bagaimana menjadi seseorang yang percaya diri dan berani berdiri di depan orang banyak dan mengajak mereka untuk hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit,” ujar dara yang beralamat di Tanjung Kejawen, RT/RW 003/002, Kel/Desa Totokaton, Punggur, Lampung Tengah.

Cita-cita sewaktu kecil ingin menjadi seorang guru dan dokter. Karena pada waktu kecil pemikiran saya masih sangat minim akan cita-cita saat besar nanti. Bahkan saat kecil saya merupakan anak yang suka berganti cita-cita jika ditanya oleh orang lain.

Namun, saat beranjak dewasa, niat  alumni SMA Negeri 1 Punggur berubah lagi, dia ingin melanjutkan studi di bidang kesehatan .

Setelah perjalanan panjang mencari tahu akhirnya ia memilih Umitra, karena akreditasi S1 kesmas sudah B dan kualitasnya bagus, bahkan penilaian orang tentang Umitra adalah penilaian yang positif, merupakan salah satu perguruan tinggi  yang memiliki kualitas yang baik dalam akademik maupun non akademiknya.

Buah hati dari Suyut dan Warsiah ini, banyak terlibat aktif dalam organisasisejak sekolah.

Diantaranya,  pernah menjadi sekretaris ekstakulikuler KIR( Karya Ilmiah Remaja) di SMA N 1 Punggur

Lalu di kampus, ia merupakan Kepala Bidang Kemuslimahan LDK Addura Umitra periode 2017/2018,  anggota BEM Umitra bidang PPSDM, dan anggota PAMI Lampung bidang P2K (eksternal kampus).

 

Prestasi akademiknya juga sangat baik. Lilik meraih peringkat kelas 1,2,3 di SMP Dharma Bakti selama bersekolah. Juara harapan 2 Tryout SMP yang diadakan oleh  Airlangga, bekerjasama dengan SMP/SMK/SMA Maarif 1 Kota Metro, se- Lampung Timur, Lampung Tengah dan Kota Metro

Dan beberapa prestasi selama ia kuliah diantaranya, juara 1 lomba tausiah yang diadakan UKM LDK Addura Umitra, terakhir sosok yang hobi menulis ini meraih prestasi sebagai:

Penulis terpilih pada event sayembara goresan pena tingkat nasional dalam rangka " merayakan bulan bahasa ".