Humas Umitra Ikuti ENJ di Pulasu Pisang


Berkenaan dengan adanya kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2017 yang diadakan oleh Kemenrian Koordinator bidang Maritim Republik Indonesia. Sukman Andrianto, staff Humas Umitra, berkesempatan untuk terlibat dalam program ENJ ini.  Sukman bersama sejumlah pemuda Indonesia terpilih lainnya di tempatkan di Pulau Pisang, Pesisir Barat dari 30 September sampai dengan 9 Oktober 2017.

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) merupakan kegiatan besar yang menjadi salah satu awalan bagi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman untuk melakukan aksi nyata menuju Poros Maritim Dunia. Ketua Yayasan Umitra, Dr. H. Andi Surya mensupport kegiatan yang diikuti salah satu staffnya ini.

“Melalui ENJ, diharapkan terbentuknya konektivitas antarmasyarakat Indonesia sebangsa dan setanah air yang selama ini masih kurang dijangkau karena kondisi geografisnya,” ungkap Andi. ENJ menjadi sebuah langkah implementasi untuk mendekatkan saudara-saudara kita bahwa NKRI itu satu dan laut yang menjadi pemersatu kita sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. ENJ juga menjadi upaya untuk menghadirkan Negara di pulau-pulau kecil dan terluar dengan mengirimkan pemuda-pemudi terbaik nusantara agar terjun langsung di masyarakat yang membutuhkan.

Pulau Pisang merupakan pulau wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Pulau Pisang memiliki luas daratan 148,82Ha. Secara Geografis pulau pisang terletak pada koordinat 5’ &’ 15.000” LS dan 103’ 50’ 45.138” BT. Bagian barat dan selatan pulau tersebut berbatasan langsung sengan Samudera Hindia, sedangkan bagian Utara dan Timur berbatasan dengan Pulau Sumatera. Pulau Pisang yang merupakan wilayah satu kecamatan memiliki 6 (enam) desa, yaitu Pekon Labuhan, Pekon Pasar, Sukadana, Suka Marga, Pekon Lok, dan Bandar Dalam. Secara administrasi Pulau Pisang terletak pada kecamatan Pulau Pisang, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung.