AMIK Umitra Siapkan SDM Handal Bidang Teknologi Informasi


Seperti yang kita ketahui saat ini, banyak tamatan sarjana yang menganggur, kenapa hal ini bisa terjadi? Ini dikarenakan sistem perkuliahan mereka yang memakai cara konvensional, yaitu teori dan teori saja, ditambah lagi fasilitas yang tidak memadai.

Berbeda dengan AMIKUmitra, hadir dengan metode link and match serta fasilitas yang memadai + kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia)  yang memiliki standar : sikap  dan tata nilai, pengusaan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan kerja, kewenangan serta tanggung jawab, bagian-bagian tersebut adalah modal utama dalam dunia kerja dan bisnis.

AMIK Umitra terdiri dari dua program studi yaitu Sistem Informasi, dan Teknik Informatika.Yang mana pada prodi ini banyak sekali peminatan yang bisa anda dapat seperti pembuat aplikasi (programmer) desktop /graphical, pembuat aplikasi (programmer) web/java/accounting software/software akuntansi),  administrator jaringan (Network Administrator),  dan beberapa mata kuliah pilihan lainnya seperti programmer GIS (Geographis Information System/Sistem Informasi Geografis.

AMIK Umitra selalu melakukan inovasi dengan memperkuat basic (dasar) dalam penguatan penalaran penguasaan program atau istilah sistem informasi dan teknik informatika adalah penalaran dalam logika program, oleh karena itu pada semester pertama banyak disuguhkan tentang materi algoritma dan  pemrograman. Kunci utama untuk menjadi seorang programmer (pembuat aplikasi/software) wajib menguasai algoritma.

Di salah satu peminatan administrator jaringan (Network Administrator) sudah bekerjasama dengan Mikrotik Latvia, Rusia dan telah resmi memberikan sertifikat profesi sebagai salah satu surat pendamping keterangan ijazah (SKPI), karena indikator kampus dikatakan sukses, salah satunya adalah menciptakan lulusan yang bekerja sesuai bidang keahliannya. Karenanya, kuliah di AMIK Umitra tidak hanya mencari gelar sarjana saja, tetapi juga keutamaan dalam keahlian untuk  memperoleh peluang kerja dan bisnis.

AMIK Umitra, setidaknya mempunyai 14 keunggulan, apa saja?

Sistem kuliah lebih banyak ke praktek dan internet; ratusan unit komputer dengan layar LED anti radiasi terbaru; kampus terakreditasi; internet online 24 jam gratis untuk mahasiswa (WiFi kampus)

Ruang kuliah full AC serta proyektor, dilengkapi CCTV; masjid tersedia dengan ruangan yang nyaman untuk sarana ibadah; perpustakaan dengan buku yang lengkap dan terbaru; tersedia beasiswa dari yayasan dan Dikti/kopertis

Dosen S2, S3 profesional di bidangnya dan berstatus instruktur Mikrotik; Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia); jaringan alumni yang sudah sukses bekerja dan  berbisnis; fasilitas pendukung kemahasiswaan yang lengkap dan refresentatif; parkir luas, aman, gratis; biaya kuliah yang relatif terjangkau dan dapat diangsur per bulan

Menurut Direktur AMIK Umitra, M. Budhi Harthanto, M.Kom,  mahasiswa akan dididik menjadi programer yang memiliki sikap dan tata nilai yang tinggi, penguasaan pengetahuan yang luas, kemampuan  dan keterampilan kerja yang terbaik, dan kewenangan serta tanggung jawab yang dimiliki berlandaskan  profesionalisme.

Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Umitra sebagai institusi pendidikan yang peduli dengan pengembangan sumber daya manusia bidang Teknologi Informasi merasa terpanggil untuk melahirkan Ahli Madya bidang Teknologi Informasi (A.Md), yang profesional yang dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan peningkatan kualitas Teknologi Informasi di Provinsi Lampung khususnya dan di Indonesia pada umumnya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar global.

Atas dasar latar belakang tersebut, maka Akademi Manajemen Informatika & Komputer (AMIK) Umitra yang didirikan sejak tahun 1996 berdasarkan Keputusan Mendikbud RI No. 57/D/O/1996 tanggal 08 Agustus 1996 di bawah naungan Yayasan Mitra Lampung (YML), AMIK Mitra Lampung membuka dan menyelenggarakan 2 (dua) Program Studi yaitu: Program Studi Diploma 3 Manajemen Informatika dan Program Studi Diploma 3 Teknik Informatika